Rabu, 03 November 2010

Metode Inquiry

Pengertian

Salah satu metode mengajar yang sangat konstruktivistis adalah metode inquiry (penyelidikan). Dalam metode ini siswa sungguh dilibatkan untuk aktif berpikir dan menemukan pengertian yang ingin diketahuinya. Dalam metode pembelajaran ini siswa dilibatkan dalam proses penemuan melalui pengumpulan data dan tes hipotesis.

Secara umum inquiry adalah proses dimana para saintis mengajukan pertanyaan tentang alam dunia ini dan bagaimana mereka secara sistematis mencari jawabnya. Inquiry didefinisikan sebagai proses dimana manusia mencari informasi atau pengertian, maka sering disebut a way of thought.

Kindsvatter, Wilen & Ishler (1996) lebih menjelaskan inquiry sebagai model pengajaran dimana guru melibatkan kemampuan berpikir kritis siswa untuk menganalisis dan memecahkan persoalan secara sistematik. Yang utama dari metode ini adalah menggunakan pendekatan induktif dalam menemukan pengetahuan dan berpusat kepada keaktifan siswa. Jadi bukan pembelajaran yang berpusat pada guru, melainkan kepada siswa. Itulah sebabnya pendekatan ini sangat dekat dengan prinsip konstruktivis, dimana pengetahuan itu dikonstruksi oleh siswa. Yang pantas dicatat dari metode ini adalah isi dan proses penyelidikan diajarkan bersama dalam waktu yang bersamaan. Siswa melalui proses penyelidikan akhirnya sampai kepada isi pengetahuan itu sendiri.

Meski para ahli menjelaskan secara berbeda-beda model inquiry, tetapi secara sederhana dapat dijelaskan sebagai model pengajaran yang menggunakan proses berikut:

  • Identifikasi persoalan
  • Membuat hipotesis
  • Mengumpulkan data
  • Menganalisis data
  • Mengambil kesimpulan
Dari langkah-langkah di atas nampak jelas bahwa model inquiry ini menggunakan prinsip metode ilmiah atau saintifik dalam menemukan suatu prinsip, hukum, ataupun teori. Secara umum metode ilmiah itu punya langkah seperti (1) merumuskan persoalan, (2) membuat hipotesis, (3) melakukan percobaan untuk mengumpulkan data, (4) menganalisis data yang diperoleh, dan (5) mengambil kesimpulan apakah hipotesis diterima atau ditolak. Proses di atas adalah proses pendekatan induktif, yaitu dari pengalaman lapangan untuk mencari generalisasi dan konsep umum.

disadur dari : Paul Suparno. 2007. Metodologi Pembelajaran Fisika.

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More